Tuesday, May 24, 2016

PERAYAAN MASYARAKAT KOREA

Masyarakat Korea yang dikenal sebagai masyarakat agrikultural pada masa lampau ternyata memiliki banyak perayaan hingga kini pun masih dirayakan bersama. Perayaan ini sangat penting untuk merekatkan anggota masyarakat agrikultural saat itu, yang kini berkembang menjadi perayaan dan festival bersama. Beberapa di antaranya, adalah :




  • Tahun Baru (Seollal)


Pada hari raya tahun baru, masyarakat Korea biasanya menikmat tteokguk atau sup butiran nasi yang melambangka seseorang telah menjadi satu tahun lebih tua. Selain itu, pada hari ini juga, anggota keluarga yang lebih muda juga melakukan seba atau membungkuk pada orang tua atau seseorang yang dipandang tua di dalam keluarga. Lalu, para orang tua ini akan memberikan hadiah uang semacam angpau pada yang lebih muda.




  • Daeboreum (Bulan Purnama)
Festival ini dirayakan tiap tanggal 15 pada bulan pertama dalam tahun kalender lunar. Pada hari ini, masyarakat Korea menikmati sajian ogokbap, sebuah hidangan yang terdiri dari lima bahan dasar makanan dan disajikan bersama beragam sayuran yang direbus.



  • Dano (Festival Musim Semi)
Dirayakan setiap tanggal kelima dari bulan kelima dari kalender lunar, perayaan ini boleh terbilang unik. Para lelaki merayakannya dengan ssireum atau gulat, sedangkan para perempuan mencuci rambutnya dengan sari bunga iris (changpo/acorus calamus).



  • Chuseok (Thanksgiving)
Dirayakan setiap hari kelima belas pada bulan kedelapan menurut kalender lunar. Pada perayaan ini, semua anggota keluarga berkumpul bersama. Menurut sejarah, hari ini dirayakan untuk mensyukuri panen dan mempersembahkannya kepada arwah leluhur.




Dari beberapa macam festival, kira-kira festival manakah yang ingin kamu rasakan dan kamu praktekkan nih readers ? Share di kolom komentar ya. 


Source :

7 comments:

  1. huaaaa,,, semua harus pake hanbok yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah enggak kok kak, mulai pada modernisasi cuma memang masih ada bbrp keluarga yang tradisinya pake hanbook

      Delete
  2. gtu ya budaya orang korea? banyak sajianny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kenyaaang kak aneka macam makanannya hehe ~~

      Delete
  3. Replies
    1. Sama kayak di Indonesia kak, perayaan kita kan juga banyak hehe ._.

      Delete
  4. banyak sekali macam-macam perayaan yang menarik di masyarakat korea..

    ReplyDelete