Friday, May 20, 2016

5 Hal mengenai Ramadan di Korea Selatan

Buat para pecinta K-pop, pastinya suka juga sama tradisi dan budaya di Korea. Hmm, kalau lagi bulan puasa seperti ini, kira-kira tradisi di sana seperti apa ya? Nah, biar ga penasaran, inilah 5 tradisi puasa Ramadhan di Korea Selatan. Yuk, kita lihat!



1. Masjid ramai

Karena masjid di Korea Selatan itu sangat jarang, masjid-masjid yang ada di sana ramai banget dikunjungi banyak orang ketika Ramadhan. Baik itu warga yang beragama Islam maupun enggak. Masjid yang paling ramai adalah Masjid Central, Seoul. Ketika Ramadhan, masjid itu ramai didatangi jamaah untuk salat tarawih. Bahkan, jamaah sampai duduk di luar gedung.



2. Restoran Tetap Buka

Kalau di Indonesia, ada tradisi menutup restoran dengan tirai besar untuk menghormati yang puasa. Tapi, di Korea kita enggak bakal menemukan tradisi itu. Karena mayoritas penduduk Korea beragama non Muslim, restoran atau kafe tetap buka seperti biasa. Enggak ada tirai juga yang menutupi gerai-gerai makanan.



3. Kurang tahu soal Ramadhan

Nah, sebagian warga Korea ternyata enggak tahu apa itu Ramadhan. Beberapa mahasiswa yang kuliah di sana bercerita kalau ada warga yang tahu tapi enggak sedikit juga warga yang enggak tahu. Orang Korea yang enggak tahu apa itu Ramadhan terkadang heran melihat mengapa seseorang enggak makan dan minum selama beberapa minggu.



4. Sayembara di masjid

Elvira Fidelia Tanjung yang berkuliah di Kyung Hee University, Korea, bercerita kepada salah satu media asal Indonesia tentang suasana Ramadhan di negeri ginseng itu. Cewek yang mengambil gelar master ini bercerita kalau setiap hari Jumat di bulan Ramadhan Korean Muslim Federation (KMF) mengadakan sayembara MTQ di masjid utama Seoul. Sayembara tersebut diikuti oleh siapa saja dan dari negara mana saja.

5. Kuliner Indonesia

Elvira menceritakan lebih lanjut kalau selama Ramadhan biasanya KBRI Indonesia mengadakan buka puasa bersama setiap Sabtu. Di situ ada masakan khas Indonesia yaitu kolak, ubi goreng, cendol, sop buah, tahu isi dan sebagainya. Enak banget yaaa. Selain itu, yang boleh menikmati hidangan khas Indonesia itu boleh siapa saja.




Gimana pembahasan kali ini ? Seru kan ya ? Jadi kalian gak usah ragu semisal hendak ke Korea pada saat bulan suci ramadhan.


Source :

11 comments:

  1. Seru kali yaa jualan kolak disana? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik ke Indonesia bisa jadi juragan kolak mungkin kak haha

      Delete
  2. alhamdullillah ada jga muslim di Korea

    ReplyDelete
  3. Pengen coba bgt rasain bulan ramadhan di korea, semoga ada rezekinya bisa kesana! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga bisa ngerasain ramadhan bareng pacar di Korea ya kak

      Delete
  4. gimana yaa rasanya ngelaksanain puasa pada bulan ramadhan di negara orang?? pasti cobaannya lebih berat deh

    ReplyDelete
  5. wahh seru juga ya ada buka bersama, fakta yang sangat uni.. meskipun di siang hari harus tahan lapar jarena banyak restoran yang buka..

    ReplyDelete