Tuesday, May 10, 2016

5 Agensi Terbesar di Korea Selatan Per Akhir 2015

Berdasarkan  pendapatan dari lima agensi besar Korea diungkap ke publik hingga akhir 2015, pendapatan yang diperoleh mulai dari penjualan, keuntungan bersih hingga pemasukan pun dapat diketahui secara terbuka. Lima Agensi tersebut adalah SM Entertainment, YG Entertainment, FNC Entertainment,  JYP Entertainment, dan Cube Entertainment.

Mari kita ulas satu persatu ya ...




1.SM Entertainment
Perusahaan yang menaungi Super Junior, EXO, Girls' Generation, dan masih banyak lagi ini unggul dari segi pendapatan, dengan memperoleh lebih dari 325 milyar KRW penjualan album fisik, album digital, merchandise dan berbagai produk lainnya. Meski SM unggul dari YG dari segi penjualan, namun mereka memiliki pemasukan bersih yang lebih sedikit dari YG, sehingga YG lebih unggul secara keuntungan dengan margin yang lebih besar.















2. YG Entertainment
Kemudian diikuti oleh YG Entertainment sebesar 193 milyar KRW. Pendapatan agensi BIGBANG, 2NE1, iKON, dan lainnya ini hanya mencapai 60 persen dari pemasukan SM Entertainment. Pendapatan tersebut juga sama diperoleh dari berbagai penjualan album, produk, showcase, concert, dan iklan komersil yang diperankan para artisnya.  Pemasukan bersih SM tahun 2015 lalu sebesar 18 milyar KRW sedangkan YG sebesar 24 milyar KRW.


































3. FNC Entertainment
Disusul oleh agensi yang menaungi CNBLUE, AOA, FT.Island dan sejumlah aktor, MC, dan group lainnya berhasil merangkah jauh dari tahun sebelumnya yang berada di posisi kelima. Perusahaan ini memperoleh pendapatan sejumlah 72 milyar KRW. Wah sudah lumayan menunjukkan kekuatan perusahaan ya. Semoga tetap stabil bahkan bisa mengalahnya 2 Agensi yang di atasnya ya.
















4. JYP Entertainment


Pada posisi keempat, tempat GOT7, 2PM, TWICE, MISS A bernaung ini mulai mengalami kemerosotan pendapatan pada tahun 2015 lalu, dikarenakan banyaknya konflik yang terjadi pada mereka. Namun merea tetapi bisa mengatasinya dan menunjukkan bahwa mereka masihlah berada dalam 5 agensi terbesar.Hasil yang mereka peroleh kurang lebih 50 milyar KRW. Dan kemungkina pada tahun ini JYP akan kembali merangkak naik, sebab debut dari artis barunya yakni TWICE lumayan mendapat perhatian dari publik dan mereka menyukainya.























5. Cube Entertainment
Berada diposisi kelima tidaklah membuat Cube patah arang. Mereka semakin memperbaiki kualitas, menjual berbagai macam merchandise, dan baru-baru ini gedung mereka akan dipindahkan ke gedung baru karena gedung lama mereka sudah terlalu sempit dan kurang nyaman apabila ada banyak orang yang menjadi Trainee disana. Penghasilan yang diperoleh perusahaan yang membuat BEAST, 4MINUTE, BTOB, menjadi tenar ini berkisar pada angka 22milyar KRW.












Nah, setelah kalian baca artikel ini, kira-kira kalian mau mampir ke kantor agensi yang mana hayo ?


Images Source :


  • http://english.visitkorea.or.kr/enu/FU/KTO_EN_15.jsp?cid=1913115
  • https://loveindacube.wordpress.com/about/
  • https://koreanpoplibrary.wordpress.com/category/jyp-entertainment/
  • https://travelkorea.hanintel.com/2013/09/21/kpop-entertainment-guide/
  • https://colormecnblue.com/tag/fnc-entertainment/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/FNC_Entertainment
  • http://winaslifepaper.blogspot.co.id/2015/10/tiga-agency-besar-sm-yg-dan-jyp.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/YG_Entertainment
  • https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/9/96/S.M._Entertainment_logo.svg/1280px-S.M._Entertainment_logo.svg.png
  • http://www.kpopstarz.com/tags/sm-entertainment

12 comments:

  1. yg pupoler yg mana kak ? Bukannya uda beralih ke YG yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya YG akan memperoleh peringkat pertama tahun ini karena ada rockymonster baru "iKON"

      Delete
    2. Bergantung dari aspek apa dulu sih kak hehe, tiap agency pasti punya jagoan sendiri-sendiri dan strategi yang beda :)

      Delete
  2. ya ke agnecy nya YG lah min :D wkwkwkwk
    secara,, disana gentle semua singer nya (Y) daebak lah pokoknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pribadi sih pilih SM kak hehe, karna kebanyakan idol yang saya suka ada disitu :) tapi saya tidak menutup mata, hati, dan telinga suka idol dari agency lainnya kok

      Delete
  3. artistik banget ya bangunan agency korea ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa saya jadi penasaran juga sama agency di Indonesia apakah bangunannya hanya sekedar kantor atau artistik juga seperti di Korea kak

      Delete
  4. artistik banget ya bangunan agency korea ini

    ReplyDelete
  5. wow,,,keren2 yaa agency di korea yg udah ngelairin idol2 kpop berbakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, saya juga berharap semoga Indonesia bisa mengeluarkan idol berbakat dan tidak karyanya juga diapresiasi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia :)

      Delete
  6. Moga nanti kita bisa punya agensi yang lebih besar dari ini yaa :D aamiin!

    ReplyDelete