Saturday, May 14, 2016

# korea selatan # kpop

5 Idol K-Pop Yang Sedang Menjalankan Wajib Militer

Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 30 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk pria lelaki serta untuk membela negara mereka.

Wajib militer di Korea Selatan berlaku bagi semua pria yang sudah cukup umur atau berusia 18 tahun ke atas akan mendapat panggilan melalui surat untuk melaporkan kesiapannya ikut wamil. Surat itu akan datang tiga kali. Respons untuk panggilan pertama dan kedua masih bisa ditunda, tapi tidak untuk panggilan terakhir.

Termasuk para artis, mereka juga harus menunaikan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Tak hanya itu, mereka benar-benar tidak dapat berkomunikasi dengan bebas ketika berada dalam posisi tentara aktif sehingga banyak yang kemudian putus hubungannya dengan lawan jenis, mereka bahkan ada yang tak boleh aktif di media sosial, muncul di layar televisi, dan menjalani segala dunia keartisannya secara langsung atau muncul di publik. Kira-kira waktu yang mereka tempuh sekitar 20-22 bulan atau bisa disebut 2 tahun kurang.

Sebenarnya sangatlah banyak artis yang sedang menjalani masa tugasnya dalam 2 tahun ini. Berikut adalah 5 artis yang sedang menjalani masa wajib militer pada yang hingga tahun ini masih bertugas :


1. DONGHAE SUPER JUNIOR


Personil Super Junior ini masuk wajib militer bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 30 tahun pada 15 Oktober 2015 lalu. Ia tidak mau banyak fans mengantarnya oleh sebab Ia tak ingin berlinang air mata dan para fansnya menangisi keberangkatannya. Dalam waktu 6 bulan ini. Baru-baru ini Ia satu panggung dalam konser militer dengan 2 sahabatnya Siwon dan Changmin. Dalam konser tersebut, Donghae berperan sebagai pembawa acara. Dia kemudian menyambut Siwon dan Changmin ke atas panggung sebagai teman yang dekat.


Berikut video penampilan ketiga polisi militer ganteng milik Korea Selatan itu




2. SIWON SUPER JUNIOR

Visual dari Super Junior ini ditempatkan di Chungnam Nonsan Army Training Camp. Ia melakukan tugas negara sebagai polisi militer berasama kedua orang sahabatnya, Donghae Super Junior serta Changmin TVXQ. Pada 18 Desember 2015, Siwon mengunggah fotonya di jejarig sosial sembari memakai medali penghargaan serta sebuah sertifikat sebagai peserta wajib militer yang membanggakan. Piagam bertulsikan “The fighting spirit of a veteran. Thank you!”.



3. CHANGMIN TVXQ


Setelah mencoba peruntungan untuk test masuk pada bagian kepolisian, main vocalist dari grup TVXQ ini berhasil melewati test dan pergi bersama Donghae serta Siwon Super Junior untuk menjadi polisi "ganteng" di Korea Selatan. Wah kalau semua polisi seperti dia, pasti orang-orang bakal sering melakukan kesalahan nih biar bisa ketemu sama Changmin.


4. YUNHOO TVXQ


Setelah hampir satu tahun menjalani wajib militer, Yunho kembali meraih prestasi, yakni dianugerahi status sebagai prajurit kelas khusus. Hal ini diumumkan melalui akun Twitter resmi militer Korsel pada Selasa (10/5).
"Jung Yunho telah meraih skor 90 atau lebih tinggi di kategori menembak, fisik, mental dan pelatihan tempur," demikian pengumuman yang ditulis melalui Twitter. "Benar-benar menakjubkan melihat seorang tentara berusaha yang terbaik demi melayani negaranya."



5. YOOCHUN JYJ



Ia memulai pada 27 Agustus 2015 dan jika tidak ada aral melintang, Yoochun akan menyelesaikan tugas wajib militernya ini pada 27 Agustus 2017. Mantan personel TVXQ ini mengaku sangat senang dan yakin Ia bisa menjalani tugas negaranya ini dengan perasaan bangga dan lancar.

Images Source :

9 comments:

  1. si eunhyuk suju bukannya lagi wamil juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, tapi kebetulan aku bahas 5 orang ini hehe, sebenarnya masih banyak idol yang sedang wamil :)

      Delete
  2. jadi kangen donghae nih min #baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Donghae memang ngangenin sih kak, saya setuju hehe :3

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. oalaahh ini yang sempet bikin kamu baper dulu. yayangmu wamil.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Jelas haha, sudah sejak dahulu kala itu mah :3

      Delete