Thursday, May 12, 2016

# kfood # korea selatan

5 Aturan Makan di Korea Selatan

Memang beberapa negara di kawasan Asia memang terkenal dengan tata tramanya, apalagi dalam soal aturan makan. Pada kali ini kita akan membahas tentang tata krama pada saat makan di Negara Korea Selatan.



  • Tunggu hingga dipersilahkan duduk

Ketika kita tiba di rumah orang yang mengundang kita untuk makan atau di restoran, jangan langsung duduk, tetapi tunggulah orang yang lebih tua atau pemilik rumah mempersilahkan kita duduk, baru kita boleh duduk.

  •  Ucapkan salam sebelum makan

Jika kita mendapat undangan jamuan makan di kediaman orang lain, jangan lupa mengucapkan “jal moke get sum nida” yang artinya “aku akan makan dengan baik” sebagai rasa hormat dan rasa terima kasih kepada pemilik rumah.


  •            Ketika makan

Ketika hidangan sudah disiapkan, jangan langsung makan begitu saja. Tunggulah  hingga orang yang lebih tua atau orang yang mengundang kita makan mulai menyantap hidangannya. Setelah mereka mulai mengangkat sumpit atau sendoknya, barulah kita bisa menyusul menyantap hidangan tersebut.

Sesuaikan kecepatan untuk menghabiskan makanan dengan orang-orang yang sedang makan juga.  Jangan terlalu cepat, dan jangan terlalu lambat. Selain itu jangan pernah meniup hidung sendiri karena itu adalah hal yang tidak sopan. Lalu jangan mengangkat mangkuk nasi dan sup seperti budaya yang biasanya dilakukan orang Jepang dan orang Cina ya. Tetap letakkan di atas meja dan jika tidak ingin tumpah, maka dekatkan mulut dan makan secara perlahan.



  •  Setelah Makan

Jika sudah selesai menyantap hidangan, jangan lupa ucapkan “jal moke got sum nida” yang mempunyai arti “aku sudah makan dengan baik dan kenyang” dan juga bermakna “makanannya sangat enak, terimakasih atas makanan yang telah dihidangkan”.


  •       Saat minum

Kemudian saat ingin minum, tawarkan untuk menuangkan minuman kepada orang yang lebih tua terlebih dahulu. Saat menuangkan pegang botol dengan kedua tangan dan sebaliknya jika dituangkan. Pegang gelas dengan kedua tangan juga.





Keliahatannya sih agak rumit ya, namun ini adalah hal penting yang harus diketahui supaya kita tidak terlihat memalukan saat makan bersama orang Korea atau makan di Korea Selatan langsung.



11 comments:

  1. Replies
    1. Iyaa kak itu foto dari adegan drama Let's Eat Season 1

      Delete
  2. ah,, aku sudah terbiasa kak,, jadi gak bakal kaget :D
    tinggal praktik aja :D wkwkwk... suami, mana suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh bagus deh kak kalau sudah berpengalaman, aku bisa belajar sama kakak hehe

      Delete
  3. huaa..gak jauh beda dari indonesia ya caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, tiap negara punya unggah ungguh pasti, cuma caranya aja yang sedikit berbeda hehe

      Delete
  4. klo di indonesia sih liat makanan enak yaaa langsung sikat aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, orang Indonesia kadang saking lapernya sampai gak berdoa. Ntar makanannya gak berkah dong kalo lupa doa gitu.

      Delete
  5. Sebenarnya ini tentang kebiasaan sopan santun. salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sopan santun memang harus diterapkan dimanapun, kapanpun, dan pada siapapun :)

      Delete
  6. Haloo~
    Informasi tentang Korea lainnya juga bisa kamu dapatkan di halookorea.com
    Kamu juga bisa belajar bahasa Korea dengan mudah, praktis dan gratis lo

    ReplyDelete