Wednesday, May 18, 2016

5 Situs Bersejarah Korea

Ada beberapa situs-situs bersejarah di Korea Selatan yang Dijadikan Warisan Dunia Oleh UNESCO. Kira-kira apa saja situs-situs tersebut ? Sebenarnya sangat banyak, tapi kita bahas lima dulu ya.


1. Kuil Jongmyo
Terletak di jantung kota Seoul, situs bersejarah ini dijadikan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1995. Kuil ini dibangun untuk menyimpan tablet-tablet memorial anggota mendiang penguasa (Dinasti Joseon) yang didasarkan pada tradisi Konfusianisme. Setiap tahun pada bulan Mei diadakan upacara Jongmyo (Jongmyo Daeje) yang menampilkan upacara persembahan dan tarian. Pertama kali dibangun pada tahun 1394 dan terbakar pada tahun 1592 ketika Jepang menyerang Korea. Lalu dibangun kembali pada tahun 1608. Kuil ini berisi 19 buah tablet memorial para raja dan 30 tablet memorial ratu yang diletakkan di dalam 19 buah kamar.



2. Haeinsa
Haeinsa adalah kuil Buddha tempat menyimpan kitab suci Tripitaka Koreana. Dibangun pada tahun 802 Masehi di puncak Gunung Gaya di Provinsi Gyeongsang Selatan. Tripitaka Koreana adalah kitab suci Buddha yang tersusun dari ukiran tulisan di blok-blok kayu, berjumlah 81.258 buah blok kayu yang tersusun rapi. Semua tulisannya diukir dalam aksara Tionghoa (hanja). Haeinsa masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1995.



3. Hwaseong
Hwaseong merupakan sebuah benteng yang dibangun pada masa Dinasti Joseon yang terletak di kota Suwon, Provinsi Gyeonggi. Rekonstruksinya diselesaikan pada tahun 1796 dan melingkupi pada tanah yang datar dan bukit-bukit sepanjang 5,52km. Benteng ini memiliki 4 gerbang utama, sebuah gerbang air, 4 gerbang rahasia, dan sebuah menara suar. Benteng ini dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1997. 



4. Wilayah Bersejarah Gyeongju
Wilayah historis kota Gyeongju dimasukkan dalam daftar UNESCO pada tahun 2000. Kota Gyeongju adalah Ibukota kerajaan Silla dimana masih terdapat kompleks makam penguasa Silla yang berbentuk bukit-bukit besar. Wilayah Namsan terkenal akan artefak-artefak Silla yang berharga seperti mahkita emas, perhiasaan, kuil-kuil Buddha, pagoda, dan arca-arca pada umumnya yang berasal dari abad ke 7 sampai abad ke 10.



5.  Situs dolmen Gochang, Hwasun, dan Ganghwa
Situs Gochang, Hwasun, dan Ganghwa adalah situs purbakala dan ratusan kuburan-kuburan kuno (dolmen) dari zaman megalitikum (dari sekitar tahun 1000SM). Semenanjung Korea adalah salah satu tempat terbanyak di dunia yang memiliki situs dolmen. Situs-situs ini didaftarkan dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2000.

7 comments:

  1. kayaknya ada salah satu tempat yang "mungkin" pernah dijadikan tempat syuting untuk RM... but, i don't know for sure :D haha


    oh iya,,, ini yang paling disuka dari KOREA SELATAN, mereka dengan hati-hati masih menjaga kebudayaan dan peninggalan sejarah peninggalan dari nenek moyang mereka. terjaga dengan aman, dan terawat. sehingga, tidak meninggalkan kebudayaan kental mereka yang wajib dan patut dilestarikan oleh warga korea selatan sendiri.

    (*andai,,, Indonesia bisa menirukan mereka... menjaga situs-situs bersejarah yang berharga dan penting bagi anak cucu kita nanti)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesadaran diri sendiri yang harus dikuatin kak. Buktinya, untuk menghargai karya anak bangsa aja masih banyak yang belum mau/mampu kok. contoh: gengsi nonton bioskop film indonesia, donlot ilegal lagu, dsb :') menjaga itu bukan cuma kerjaan pemerintah aja sih kalau menurutku, kita sebagai warga juga yaa turut menjaga, setidaknya bangga punya itu semua :)

      Delete
    2. Semoga setelah diri sendiri sadar akan budaya kemudian mari mengajak orang disekitar kita untuk melestarikan juga agar anak cucu kita bisa menikmati budaya dan situs-situs bersejarah yang pernah kita rasakan

      Delete
  2. patut dilestarikan tempat bersejarah ini, termasuk tempat bersejarah Indonesianya kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, yuk mulai sekarang lestarikan sejarah bangsa :)

      Delete