Sunday, May 15, 2016

5 UNIVERSITAS TERBAIK DI KOREA SELATAN

Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang paling tinggi untuk menunjang prospek masa depan. Tidak hanya sekedar asal memilih kampus, memilih jurusan yang tepat pun jugalah perlu agar tidak salah pilih dan mengakibatkan kita tak lulus-lulus. Berikut akan saya bahas mengenai Universitas yang dimiliki oleh negara ginseng tersebut.





1. Seoul National University

‘The Truth Is My Life”, kata – kata tersebut akan tampak ketika kita akan memasuki gerbang Seoul National University. Kata – kata tersebut sengaja ditanamkan kepada para mahasiswanya sebagai alat buat memotivasi diri meraih pendidikan yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan prinsip budaya mereka yakni ‘Knowledge is power’, pengetahuan memiliki kekuatan besar untuk merubah dunia. Senjata utama yang digunakan dalam metode pendidikannya adalah Comprehensive Research, yakni mempelajari seluruh aspek kemudian membuat solusinya. Sebanyak 460 mata kuliah disini diajarkan dengan bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat mahasiswa luar negeri berlomba – lomba untuk dapat mengecap pendidikan dikampus terbaik se korea ini. Adapun program study yang ada disini antara lain: Agriculture, Anthropology, Art, Biology, Business, Management, Politics, Medicine, Humanties, Psychology, Health-sciences, Technology, dan Mathematics.





2. KAIST

KAIST atau dengan kepanjangannya Korea Advance Institute of Science and Technology merupakan kampus pertama dan terbaik dalam hal technology research di korea. Kampus yang ditemukan pada tahun 1970 ini mempunya misi untuk menaikkan kualitas science dan technology agar ekonomi negaranya juga naik. KAIST sendiri sudah menjadi gerbang buat belajar science dan teknologi sejak 4 dekade yang lalu. Alhasil, lulusannya juga ga main – main. Perusahaan – perusahaan berlevel world-class pun saling berlomba – lomba mendapatkan alumni kampus ini. Adapun program study yang ada di KAIST antara lain: Business, Management, Computer Science, IT, Education, Modern Language, Mathematics, History, Philosophy, Science, English Language and Literature, serta Seni.






3. Yonsei University


Seoul memang ga ada habisnya mencetak kampus – kampus berakreditasi top. Kali ini datang dari Yonsei University. Kampus yang berbasiskan agama Kristen ini ternyata menjadi favorit dalam tujuan belajar pemuda – pemudi lokal maupun internasional. Tercatat, berdasarkan survei 4ICU, kampus ini rata – rata menerima mahasiswa baru sebanyak 35.000 – 100.000 per tahun. Dengan pendekatan pengajaran yang berdasarkan agama ini, mahasiswa dituntut untuk selalu memberikan manfaat terhadap sosial, alias humities banget. Walaupun berdasarkan agama, tapi lulusan yang dicetak gak main – main. Sebut saja Kim Hak-Su, seorang sekertaris jenderal PBB. Program yang ditawarkan di kampus ini antara lain Anthropology, Arsitektur, English Language and Literature, Science, Art, Politc, Economic, Business, Mathematics, Medicine, dan masih banyak lagi disiplin ilmu lainnya.









4. Sungkyunkwan University


Sungkyunkwan University merupakan salah satu kampus bersejarah di Korea Selatan. Kampus yang sebenanrnya didirikan pada tahun 1398 ini memiliki banyak kenangan akan sejarah Korea Selatan, termasuk kenang – kenangan terhadap Confucius, dan masa – masa penjajahan jepang. Kampus ini terletak di kota Seoul, tepatnya di wilayah Jongno-gu. Dengan perpaduan antara budaya lokal dan budaya modern, keindahan kampus ini semakin terlihat. Apalagi dikampus ini sering banget diadakan festival – festival budaya, seperti Samjinal (festival penyambutan musim semi), dan Chilseok (yakni festival kain putih). Banyaknya festival budaya yang sering berlangsung, menjadikan satu alasan untuk mengetahui lebih lanjut tentang budaya lokal studinya ya di kampus ini. Sementara untuk program study yang bisa diambil disini antara lain; Arts & Hummanities, Business and Social Sciences, Medicine & Health, Engineering, serta Science and Technology. Bahkan ada drama yang berjudul "Sungkyunkwan Scandal" dengan berlatar belakang kampus ini pada jaman ratusan tahun lalu yang dikemas apik dan diperankan oleh Park Yoochun, Song Joongki, dan Park Minyoung pada tahun 2010 silam di stasiun televisi KBS.









5. Konkuk University

Masih dari kota Seoul, kampus top kali ini adalah Konkuk University. Kampus ini didirikan pada tahun 1946 (setahun setelah kemerdekaan Indonesia) oleh Dr. Yoo Suk-Chang seorang patriot bangsa yang berjuang untuk mengusir kolonial jepang. Lokasinya berada di wilayah Gwangjin-gu. Kampus ini populer banget, setidaknya karena dua faktor. Yang pertama adalah fasilitas dan program studinya. Di kampus ini hampir semua program studi merupakan favorit, mulai dari art, business, humanities, science, engineering, medicine & health, dan technology. Yang kedua karena kampus ini banyak artisnya, ada Choi Minho (member SHINee), Hyuna (member 4Minutes), Lee Min Ho (Aktor dan Model), dan masih banyak lagi.







Nah dari kelima kampus ini, kira-kira kalau kalian punya kesempatan buat ikut scholarship atau student exchange, kalian mau pilih yang mana ? Share opini kalian ya :)



Source :

https://konsultanpendidikan.com/2013/02/26/10-universitas-terbaik-di-korea-selatan/



Images Source :

http://aavmc.org/data/images/vmcas/school_logos/snu-logo.png

http://yuseungkim.com/index.php?/portfolio/seoul-national-university/

http://www.koogle.tv/media/news/kaist-gives-out-10000th-phd/

http://www.exploringkorea.com/yonsei-university-korea/

https://studyabroad.temple.edu/sites/yonsei-university-in-korea

http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=629115

https://en.wikipedia.org/wiki/Sungkyunkwan_University

http://dramakorea.web.id/sungkyunkwan-scandal-subtitle-indonesia/

https://findmeinseoul.wordpress.com/tag/konkuk-university/

http://www.konkuk.ac.kr/eng/jsp/About/about_1_1.jsp

8 comments:

  1. kalo mimin,,, pilih masuk ke univ yang mana?
    aku sih tertarik sama YONSEI Universitas... :D
    bangunannya keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tertarik sama YONSEI kak, Univ bergengsi tuh. Alumninya keren-keren pekerjaannya.

      Delete
  2. ayo ayoooo kuliah magister di sana tah?

    ReplyDelete
  3. pengen masuk ke salah satu univ. korea disana

    ReplyDelete
  4. klo udah lulus S1 jadi pengen nerusin S2 di korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga bisa ya kak. Kalau perlu beasiswa aja mah biar gak besar biaya hidupnya.

      Delete