Tuesday, March 1, 2016

# halal # korea

5 RESTORAN HALAL DI KOREA SELATAN

Ketika kita berada di luar negeri, yang pasti kita pikirkan adalah makanan tersebut halal atau tidak, khususnya bagi wisatawan muslim. Dan sekarang, kita tidak perlu ragu atau khawatir lagi, karena di Korea telah tersedia restoran halal yang letaknya berdekatan dengan masjid utama di Seoul yakni di daerah Itaewon. 

Siapa sangka di Korea Selatan ada masjid sebesar ini ? Masjid Pusat Seoul merupakan masjid yang dibangun pada 21 Mei 1976. Warga muslim di Korea selalu berbondong-bondong untuk pergi beribadah atau sekedar menikmati jajanan khas selama bulan ramadhan di tempat ini. Di masjid ini terdapat sebuah organisasi yang mengurusi segala kepentingan dan diplomasi umat muslim di Korea Selatan.







Dan kembali lagi ke topik kuliner. Tidak hanya itu saja, di restoran-restoran yang akan saya bahas memiliki berbagai macam hidangan bahkan untuk daging sapi atau daging dombanya disembelih sesuai dengan aturan Islam. Disana tersedia restoran muslim seperti restoran India, Pakistan, Turki, dan Arab. Hal ini bukan menjadi halangan lagi bagi kita yang hendak travelling ke Korea.

Yuk, kita bahas satu persatu restoran tersebut :


  • Yang pertama adalah Restoran Arab.
Di luar restoran Arab, terdapat tulisan yang ditulis dengan huruf Arab yang menerangkan bahwa restoran yang bersangkutan adalah ‘restoran Halal’. Restoran ini menghidangkan beragam makanan Arab yang terbuat dari sayuran segar dan rempah-rempah tradisional. Stik daging domba dan kebab daging domba yang dipastikan halal.

Alamat: Seoul-si Yongsan-gu Itaewon-dong 123-21
Tel: 02-798-1385
Cara menuju ke sana : Naik subway Line 6 kemudian turun di stasiun Itaewon dan keluar di nomer Exit 2, dan berjalan kaki selama 5 menit 




  • Yang Kedua ada Taj Palace
Taj Palace merupakan restoran India menawarkan menu yang terdiri dari kari dan naan –roti ala Timur Tengah, thali sebutan untuk beragam hidangan yang disajikan dalam mangkuk kecil di atas nampan, dan menu sayuran. Semua menu daging ayam dan daging domba adalah halal, semua bahan makanan dikirim langsung dari India untuk disajikan dengan segar di Korea. Taj Palace juga melayani lassi –minuman yogurt dan chai tradisional India tapi tidak mengandung alkohol. Menu disajikan oleh chef yang pernah bekerja di hotel sangat mewah di New Delhi, sehingga citarasanya sangat enak dan harganya terjangkau.

Alamat: Seoul-si Yongsan-gu Itaewon-dong 132-2
Tel: 02-790-5786
Cara menuju ke sana :  Naik subway Line 6 kemudian turun di stasiun Itaewon dan keluar di nomer Exit 3, dan berjalan kaki selama 5 menit.


Add caption
  • Yang ketiga, adalah Salam
Salam adalah restoran pertama di Korea yang memperkenalkan hidangan khas Turki. Restoran Salam menawarkan kebab daging sapi dan juga daging domba, dan juga menu hidangan lainnya yang terbuat dari daging domba yang disajikan dengan sayur-sayuran. Restoran Salam terkenal akan hidangannya yang disajikan bersama sup Merjimek, kebab, Coban salatasi (salad segar terdiri dari tomat yang dipotong bentuk dadu, paprika manis, dan sayuran lainnya), ayran (minuman berupa yogurt berasa sedikit asin), teh dan kue.

Alamat: Seoul-si Yongsan-gu Hannam-dong 732-21
Tel: 02-793-4323
Cara menuju ke sana: Naik subway Line 6 kemudian turun di stasiun Itaewon dan keluar di nomer Exit 3, dan berjalan kaki selama 10 menit 





  • Yang keempat adalah Wazwan
Wazwan adalah restoran India yang terletak di dekat masjid Islam di Itaewon. Restoran ini menyediakan makanan India yang bervariasi dan dengan rasa India yang otentik dan harga yang terjangkau. Banyak orang Korea yang mengunjungi restoran ini untuk menikmati kari pedas khas India. Menu set yang spesial sangat populer, diantaranya ada Samosa (pangsit), daging ayam Tanddori, kari, nasi India, dan makanan penutup.

Alamat: Seoul-si Yongsan-gu Hannam-dong 732-151
Tel: 02-798-1253
Cara menuju ke sana:  Naik subway Line 6 kemudian turun di stasiun Itaewon dan keluar di nomer Exit 3, dan berjalan kaki selama 10 menit 



  • Yang kelima adalah Restoran Dubai 
Restoran bergaya Arab yang sangat luas, menawarkan dekorasi interior kelas atas yang memperlihatkan suasan Timur Tengah. Makanan di restoran ini disajikan khusus oleh para chef dari Dubai, sehingga mampu menarik para pengusaha Korea untuk menghibur para klien asal Timur Tengah. Beragam hidangan domba seperti : kebab Dubai, dan hidangan mewah khas Dubai tersedia di restoran ini. Para pengunjung restoran juga dapat menikmati Shisha (pipa air) yang terbuat dari buah apel, stroberi, bunga mawar.

Alamat: Seoul-si Yongsan-gu Itaewon 1-dong 127-2
Tel: 02-798-9277
Cara menuju ke sana: Naik Subway Line 6 kemudian turun di stasiun Itaewon dan keluar di nomer Exit 3, dan berjalan kaki selama 5 menit.




Jadi, jangan ragu lagi untuk travelling ke Korea karena banyak sekali restoran halal yang tersedia disana, dan juga wisata agama Islam di daerah Itaewon, Seoul ya.


Sumber referensi : 

  1. http://www.visitkorea.or.id/bbs/page.php?hid=resto_muslim
  2. http://travel.detik.com/read/2015/06/30/074513/2955699/1520/siapa-sangka-masjid-di-korea-selatan-secantik-ini

40 comments:

  1. wah masjidnya baguuusss, kapan ya bisa kesana

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran pengen ke Itaewon...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sejauh saya mencari referensi, 5 restoran tersebut sudah bersertifikasi halal kak hehe

      Delete
  4. Waahh..klo begini jdi gak ragu lgikan ke korea, udh ada yg halal soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak, buat temen-temen yang pengen makan di korea udah gak perlu khawatir lagi karena daerah Itaewon merupakan pusatnya kuliner dan tempat ibadah umat muslim :)

      Delete
  5. Seandainya di surabaya ada masjid semewa itu yah kak

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. sejauh saya mencari referensi, 5 restoran tersebut sudah bersertifikasi halal kak hehe

      Delete
  7. Wah keren. Anterin kesana dong min :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa saya anterin tapi transportnya kakak bayarin yah hehe

      Delete
  8. Di Busan juga ada restoran Indonesia. Nama restorannya Rindoe Kampoeng. Letaknya di daerah Sasang-gu di daerah asean mart dan asean restaurant lainnya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, thank you brotha haha..Yang komen ini kebetulan teman saya yang lagi studi di Korea, thank you ya infonya :) semoga kamu sabar menahan rindu kuliner Indonesia yang sesungguhnya

      Delete
  9. Wah Masjidnya bagus ya kak. Kepengen banget bisa ibadah disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera kesampaian ya kak haha

      Delete
    2. Hai kak angel, boleh kenalan? Aku juga pingin banget lho kesana...apalagi ternyata ada masjid yg klihatan besar. Siapa tahu selesai Ibadan ketemu artis kpop hihi

      Delete
    3. Iya, terimakasih doa nya ya Kak Devina :)

      Hii, Surti salam kenal. Kamu surti yang artis itu ya? Istrinya Prabu, wah senangnya bisa di komentari artis :D iya Kak Surti, ayo kita bareng kesananya :)

      Delete
  10. pertanyaannya, kapan gue bisa ke korea sama suami gue kak? hahaha,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga setelah halal, Anda bisa ke Korea sama suami yaa :)

      Delete
  11. Replies
    1. 8 jam kak perjalanannya hehe, perbedaan waktunya selisih 2 jam sama Indonesia

      Delete
  12. Nice, suka deh sama postingan yang ini. Jadi bikin laper :D
    Rajin" ngepost tentang Korea ya kakak
    Xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak ^^ Sering-sering visit blog saya ya :)

      Delete
  13. wah gak susah nyari makan halal kalo disana

    ReplyDelete
  14. wah harus di note nih keren keren, syuukak!:3

    ReplyDelete
  15. Nantik kalo hanymoon ke korea ajah deh hihihi

    ReplyDelete
  16. Berharap ada resto makanan korea yang halal juga. semoga nanti ada. jadi kalau aku kesana (haaaaa aamiin!!), bisa makan makanan khas korea tanpa takut haram. makasih infonya dek!

    ReplyDelete
  17. Makanan halal merupakan hal penting bagi orang Islam, karena itu gak heran apabila pesawat2 juga mulai menyediakan Makanan halal di pesawat .

    ReplyDelete