Thursday, March 10, 2016

# drama korea # drama korea hits di Indonesia

5 Drama Korea Yang Paling Hits di Indonesia

Drama Korea merupakan drama yang masih bertahan tayang di layar kaca kita. Meskipun pamornya sudah tak seramai dahulu karena kalah saing dengan drama-drama dari India dan Turki yang belakangan ini meraja lela, namun drama Korea masih memiliki ruang di hati para penggemarnya. 

Lokasi shootingnya, jalan ceritanya, tampan dan cantiknya sang aktor dan akrtis, soundtracknya yang easy listening, dan juga property, busana serta hair style yang dimunculkan membuat para penggemar ingin mengikuti gaya tersebut dan memilih drama yang menarik perhatian mereka.

Bermula pada sekitar tahun 2002, waktu itu saya masih SD nih hehe belum mengenal tentang K-Pop, Drama Korea, dan kebudayaan negeri ginseng ini haha. Tetapi pada saat itu saya sadar kalau itu tayangan yang hits banget pada saat itu. Dan kali ini saya telah menyiapkan 5 judul drama Korea yang paling hits di Indonesia menurut saya hingga saat ini. Yuk, silahkan disimak pembahasan kali ini.


1. Winter Sonata

Drama ini ditayangkan di SCTV pada tahun 2002. Diperankan oleh Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo ini sangatlah populer dan menarik perhatian penonton televisi Indonesia pada saat itu. Bahkan saya yang masih SD ikut penasaran dengan drama ini tapi belum mengerti jalan ceritanya waktu itu karena saya masih kecil haha. KBS merupakan stasiun televisi Korea yang menayangkan drama ini dan kemudian bekerjasama dengan SCTV untuk penayangan perdana di Indonesia. Jumlah episodenya hingga 20 episode dan bercerita tentang Joon Sang, putra dari seorang pelukis yang sangat terkenal, pindah ke kota kecil bernama Chuncheon di Korea Selatan. Joon Sang adalah anak pendiam dan berbakat, dia juga disenangi oleh guru dan teman-temannya.

Joon Sang percaya bahwa tidak ada satu orang pun yang menyukai atau mencintai dirinya, sebab ayahnya meninggal seusai bertengkar dengan ibunya. Pada suatu ketika Joon Sang bertemu dengan rekan sekolahnya bernama Yu Jin, akhirnya mereka berdua pun jatuh cinta. Tetapi hubungan mereka tidak lama, karena Jong Saan mengalami kecelakaan yang hebat sehingga ia didiagnosa terkena Amnesia akibat kerusakan otak.


2. Full House

Lagi-lagi KBS merupakan stasiun televisi yang menayangkan drama hits yang cukup menarik minat penonton Indonesia untuk menonton drama komedi-romantis ini. Dengan jumlah episode sebanyak 20 dan diperankan oleh Song Hye Kyo serta Rain, para aktor dan aktris tersebut memperoleh penghargaan di KBS DRAMA AWARDS 2004 dengan menyabet beberapa penghargaan seperti Top Excellence Award untuk Aktor dan Aktrisnya, Popularity Award untuk Aktor dan Aktrisnya, serta penghargaan untuk pasangan terbaik.

















Drama ini bercerita tentang pernikahan kontrak antara wanita biasa bernama Han Ji-Eun 

(Song Hye Kyo) dan aktor bernama Lee Young-Jae (Rain). Han Ji-Eun, seorang penulis naskah, tinggal di rumah bernama Full House yang dibangun oleh ayahnya. Pada suatu hari, Ji-Eun ditipu oleh dua orang temannya. Ia dibohongi telah memenangi liburan serba gratis ke Shanghai. Di dalam pesawat, Ji-Eun duduk berdampingan dengan Young-Jae, seorang aktor terkenal dan tampan. Keduanya menjadi saling mengenal setelah Ji-Eun muntah di kemeja Young-Jae. 

Di Shanghai, Ji-Eun kehabisan uang dan harus meminjam uang kepada Young-Jae. Kedua teman yang menipunya mengatakan semua pengeluaran, termasuk biaya makan sudah ditanggung. Setiba kembali di Korea, Ji-Eun sadar dirinya telah ditipu, dan rumah tempat tinggalnya sudah dibeli oleh Young-Jae. Keduanya setuju untuk tinggal di satu rumah, asalkan Ji-Eun bekerja sebagai pembantu rumah tangga agar bisa mendapatkan kembali rumahnya. Dari sinilah kisah percintaan drama komedi ini dimulai.


3. Boys Before Flowers













Drama ini sudah berkali-kali ditayangkan di televisi Indonesia, namun penggemarnya tak pernah bosan untuk menonton ulang. KBS yang terus mengulangi kesuksesan dalam menayangkan drama, tidak lupa mengeksport drama ini ke negara-negara lain di Asia dan salah satunya adalah Indonesia. Drama yang disingkat BBF ini diperankan oleh Go Hye Sun, Lee Minho, Kim Hyun Joong, Kimbum, Kim Joon. Dan pertama kali tayang di Indonesia pada tahun 2009 di Indosiar. 

Berkisah tentang seorang Geum Jan Di seorang gadis biasa yang memiliki tempat laundry didekat sekolah Shinwa. Sekolah Shinwa sendiri adalah sekolah yang paling terkenal di Korea. Pada suatu ketika Jan Di akan mengantarkan Laundry milik seorang siswi Shinwa, yang lebih heboh lagi ternyata laundry tersebut milik seorang siswi yang bunuh diri karena strees akibat di bully oleh para angota F4. Jan Di Mengetahui tindakan siswi tersebut dan langsung menolongnya. hal tersebut membuat warga sekitar menjadi marah, atas tindakan tersebut akhirnya Jandi Mendapat beasiswa untuk bersekolah di Shin wa. Awalnya Jan Di menolak tawaran itu, namun pada akhirnya ia menerimanya.

Tak lama stelah kejadian itu jan Di mulai berskolah di Shinwa dan bertemu dengan teman sekelasnya. terutama siswa dari anggota F4 yang terkenal sombong, siswa tersbut bernama Gu Jun Pyo.


4. Jewel In The Palace

Berjumlah 54 episode dan tayang di stasiun televisi Korea yakni MBC dan kemudian ditayangkan di Indosiar pada tahun 2007, drama ini bercerita tentang sekitar 500 tahun yang lalu pada masa kerajaan Dinasti Chosun, Korea membentuk struktur sosial yang didominasi oleh hirarkis dan kaum laki-laki. Ini merupakan kisah nyata tentang seorang gadis legendaris bernama Jang Geum yang menjadi wanita pertama dengan gelar dokter kerajaan tertinggi. Meskipun kondisi buruk sebagai gadis kelas rendah dalam masyarakat yang didominasi oleh kaum pria, Ia dapat mengatasi serangkaian diskriminasi sosial dan akhirnya menjadi dokter yang bertanggung jawab penuh atas kesehatan sang raja, bahkan Ia diberikan gelar spesial yakni "The Great Jang Geum". 

Lee Young Ae, Ji Jin Hee, Hong Ri Na, Lim Ho, dan sejumlah pemeran lainnya memerankan dengan baik sehingga drama ini mendapatkan penghargaan Grand Prize / Daesang dalam MBC Drama Awards 2003. Ratingnya cukup memuaskan sehingga tak salah bila penonton di Indonesia begitu tertarik menontonnya.





















5. The Heirs

Dan untuk review terakhir ada drama yang diperankan oleh Lee Minho, Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Kang Minhyuk, dan member girl group f(x) yakni Krystal, adik dari Jesicca ex member SNSD. Drama yang ditayangkan di stasiun televisi SBS ini memiliki episode sejumlah 20 dan disiarkan di Indonesia oleh stasiun televisi RCTI.

Drama ini bercerita tentang sekelompok orang kaya yang bersekolah di SMA elit dan dipersiapkan orang tuanya untuk mengambil alih bisnis keluarga mereka. Kim Tan merupakan seorang ahli waris perusahaan terkemuka di Korea yang menjalin cinta dengan anak dari asisten rumah tangga di kediaman keluarganya yakni Cha Eun Sang. Dan Kim Tan memiliki sahabat masa kecil yakni Choi Young Do yang saat ini menjadi musuhnya dalam dunia belajar di sekolah, bisnis, dan juga percintaan.

Kakak dari Kim Tan, yakni Kim Won berencana untuk mengambil alih bisnis keluarga mereka dan terkesan tidak akur dengan sang adik. Cerita tentang hubungan kekeluargaan, bisnis, persahabatan, cinta yang dibalut dalam alur yang menarik membuat drama ini menjadi sangat hits sepanjang 2013 dan meraih berbagai penghargaan akhir tahun dari stasiun televisi SBS. Soundtrack-soundtracknya pun tidak kalah hits, karena lagu-lagunya sangat pas dengan alur cerita drama itu. Salah satunya adalah lagu yang dibawakan oleh Lee Changmin yang berjudul "Moment."



















Dari kelima drama yang saya bahas, manakah drama yang menurut readers paling hits dan paling terkenang hingga saat ini ? Silahkan tinggalkan komentar pada postingan di bawah ini ya ^_^


Source Images :

http://lifeavenue.ucoz.com/photo/asian_dramas/korean_dramas/4
http://smeaker.com/hiburan/wp-content/uploads/2016/02/Full-House.jpg
https://doramaniacas.files.wordpress.com/2008/12/poster3.jpg
https://teamsejong.files.wordpress.com/2013/04/daejanggeum1.jpg
http://www.koreandrama.org/wp-content/uploads/2013/09/The-Heirs-Poster1.jpg

18 comments:

  1. Itu link filmnya bisa di download enggak kak???
    Atau boleh deh mintak langung ke kaka devinanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://stokfilm.net/ kak moza kalau untuk drama2 lawas yang saya sebutkan di atas hehe kalau the heirs saya ada dvdnya karena itu drama masih 3 tahun yang lalu hehe, mungkin kakak berminat pinjam boleh kok hehe :)

      Delete
  2. udah pernah nonton semua kak, kecuali WINTER SONATA sama JEWEL IN THE PALACE.
    ah,,, dari ke lima diatas, yang paling favorit yah cuman FULL HOUSE :D wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih Jewel In The Palace sama The Heirs kak hehe :D

      Delete
  3. Hmmm.. 2 drama teratas fenomenal banget kak,,
    Ingin tau drama" hits lainnya, silahkan kunjungi http://revindrama.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak saya sering visit hehe, soalnya review drama di blog kakak komplit banget :)

      Delete
    2. Punya kakak juga kok, apalgi beberapa sumbernya yg langsung dari korea

      Delete
  4. Full house ini emang gak prnah tergantikan, karena drama itu aku mulai suka korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jaman masih SD ya hahaha :D masih belum begitu paham tentang korea tapi itu awal mulanya hehe

      Delete
  5. paling suka full house sama the heirs :D jewel in the palace belum pernah nonton sih lagian episodenya banyak banget hehe

    ReplyDelete
  6. Aaaak full house kangen sama film itu😁

    ReplyDelete
  7. aaaaahhhh udah nonton semua kak! paling suka full house
    happy syalalalalaaaa~

    ReplyDelete
  8. Kak bales dong kaaakk...kaaakk, keren blognyaaa aaaaa

    ReplyDelete
  9. Aku belum lihat the heirs jadi penasaran .krna 4 lainnya aku udah liat

    ReplyDelete
  10. WINTER SONATA!!!! timeflies banget! ketauan banget yaakk umurnya :D
    btw, ada lagi yang menurutku lebih booming (tapi series lama juga sih,hehehe), AUNTUMN IN MY HEART atau ada yang nyebut judulnya ENDLESS LOVE!! aaaaakkkkk <3

    ReplyDelete