Friday, March 18, 2016

# korea # korea selatan

5 Alasan Untuk Mencoba Masakan Korea


Hai teman-teman, kali ini aku kembali membawa informasi menarik untuk kalian mengenai apasih alasan kuat bahwa kita perlu mencoba masakan Korea ? Jikalau kalian hendak mencoba namun ragu apakah makanan tersebut halal atau tidak, coba kalian cari restoran Korea yang telah bersertifikasi halal. Apa saja alasan-alasan yang perlu kita ketahui, silahkan disimak pembahasan berikut ini :


1. It's Healthy

Mantan Wali Kota New York, Michael Bloomberg pernah mengungkapkan bahwa Ia telah menjadi pecinta kimchi setelah mengunjungi restoran Korea, Geumgangsan. Riset dari Korea's Rural Development Administration and The Agricultural Research Service (ARS) dari Departement Agrikultural Research (USDA) merilis sebuah riset yang menyatakan bahwa faktor resiko kesehatan dari orang yang mengadopsi diet dengan masakan Korea berkurang secara signifikan dibanding dengan orang yang mengkonsumsi pola makan ala Amerika. Penurunan tingkat kolestrol dengan mengkonsumsi masakan Korea mencapai lebih dari lima kali lebih tinggi. Jadi, jangan heran apabila masakan Korea termasuk sebagai salah satu masakan yang sehat.

Kimchi
2. It's About Patience

Banyak sekali masakan khas Korea yang dibuat dari proses fermentasi yang memerlukan waktu cukup lama, contohnya adalah saus (Doenjang) yang digunakan sebagai bahan pelengkap masakan Korea. Proses fermentasinya menggunakan mikroorganisme yang tidak bisa dibuat secara instan begitu saja. Ada proses dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil maksimal. Lebih jauh lagi, bakteri lactic acid akan berkembang dalam proses fermentasi itu sehingga memberi kontribusi yang bermanfaat bagi kesehatan kita.Bakteri lactic acid biasanya diperoleh dari susu yang telah difermentasikan. Namun, kini kita bisa memperolehnya dalam Doenjang. Ketika usus memiliki jumlah bakteri yang baik dengan memadai, maka nutrisi akan dapat diserap dengan mudah.'

Doenjang (saus Korea)
3. It's Medicinal


"Obat-obatan dan makanan memiliki akar yang sama" itu adalah pepatah yang mungkin pernah kita dengar. Dan hal ini rupanya berlaku juga untuk masakan Korea. Masyarakat Korea terbiasa melihat makanan sebagai obat untuk mengatasi penyakit. Selain itu, cara memasak juga menjadi salah satu pertimbangan sehingga kesehatan mereka tetapi terjamin. Contohnya, daging direbus supaya kadar minyak yang dikonsumsi hanya sedikit bila dibandingkan dengan daging yang diproses dengan cara digoreng. Selain itu, komposisi buah dan sayaran yang terdapat dalam masakan Korea juga dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Jadi pemahaman bahwa makanan adalah pengobatan merupakan bagian dari kuliner Korea.

4. It's Harmonius

Selain kesehatan, masakan Korea turut mengadopsi filosofi yang harmonis dengan alam. Contohnya adalah bibimbap atau nasi campur Korea. Dalam hidangan bibimbap terdapat lima warna sayuran yang ditata dengan penuh makna, yakni : hijau (timur), putih (barat), merah (selatan), hitam (utara), dan kuning (pusat). Setiap warna tersebut juga menyimbolkan musim, hari dalam seminggu, dan juga bagian tubuh manusia. Pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, hitam melambangkan ginjal dan juga sistem reproduksi, hijau melambangkan mata, dan masih banyak lainnya. Hal ini yang menjadi dasar dari terapi makanan di Korea. Ini nih, yang membuat masakan Korea unik dan beda dari masakan-masakan negara lainnya. Ada keharmonisasian dengan alam dan kehidupan sih hehehe.

Bibimbap
5. It's Tasty

Guksu
Ramyeon
Nah, ini merupakan alasan yang paling utama untuk mencoba masakan Korea. Rasanya sungguh menggiurkan. Kimchi dengan rasa pedas dan asam yang lezat untuk melengkapi sajian bibimbap. Ada juga sup, ramyeon, dan guksu (mie campuran) khas Korea yang disajikan dengan berbagai varian dan bahan-bahan tambahan. Berbagai varian ini akan membuat kita tak bisa berhenti untuk mencoba menikmati berbagai masakan Korea.


Images Source :


18 comments:

  1. Uwwaa...makanan korea selain enak rasa n dipandang, bagus jga buat kesehatan dalam tubuh

    ReplyDelete
  2. please deh, yang pengen banget gue makan itu RAMYEON :'( hiks
    plus, chicken (ada rasa honey (madu), rasa pedas, dan rasa keju :D wah, bayanginnya aja udah bahagia.
    trus yang kedua, pengen banget makan sup ayam ginseng :D hahaha, sedap bener... sama mie mie an nya mereka,,, wah,, bahagia banget kayaknya kalo bisa makan makanan khas korea, apalagi jajanan pasar mereka, kayak ddeobboki dll... buset dah, gak akan ada habisnya kalo bahas makanan mereka, apalagi seluk beluk mengenai korea selatan.
    *duh, jadi curhat.. maaf nyampah sis :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahas makanan Korea emang gak ada habisnya kak hehe..cuman kalo pedes saya angkat tangan deh hehe (curhat sendiri jadinya)

      Delete
  3. hmmm pernah nyoba kimchi tapi gasuka..
    bener kata mawaddah, yg paling menggoda ayamnya

    ReplyDelete
  4. daridulu penasaran sama rasanya ramyeon sama tteokbokki:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan kita pergi ke resto Korea ya kak biar tahu gimana rasanya ramyeon sama tteokbokki hehe

      Delete
  5. Yummy bgt tuuhh keliatannya, seenak rasannya gk ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba ajaa kak kapan-kapan ke resto makanan Korea hehe atau beli di supermarket juga ada

      Delete
  6. Liat fotonya udah ngiler duluan akuu hiks

    ReplyDelete
  7. Jd kepengen ke resto korea, udh lama jg gak makan ramyeon/jajangmyeonnya.. Besok aaah :p

    ReplyDelete
  8. yg jual masakan korea di surabaya mana ya?

    ReplyDelete
  9. Nice info...jd pingin nih hunting makanan Korea di dkt" sini #kodekeras

    ReplyDelete
  10. Rameyun semacam ramen kah dev ?
    Kuahnyaaaaa bikin ngilerr

    ReplyDelete
  11. Well, jangankan mancanegara nih yaa, aku keluar kota aja yang kucari "kuliner". jadi, pasti makanan itu aku cari kemanapun. btw, resto Korea di Korea yang jual makanan khas Korea tapi halal, ada gak yaa? :)

    ReplyDelete